Seiring dengan perkembangan zaman yang saat ini sudah serba digital, penggunaan media sosial berkembang dengan sangat pesat dan sangat berpengaruh terhadap kehidupan sehari-hari. hal ini menjadikan media sosial sebagai kebutuhan pokok bagi tiap individu.

Menurut Jumartin Gerung dalam buku Media Sosial dalam Digital Marketing, pengertian media sosial adalah media online (daring) yang dimanfaatkan sebagai sarana pergaulan sosial secara online di internet. Media sosial tidak hanya mencakup jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram, tetapi juga platform komunikasi seperti WhatsApp, Telegram, dan Line, serta platform berbagi video seperti YouTube dan TikTok.

DAMPAK POSITIF

Melansir laman Ayo Guru Berbagi Kemendikbud Ristek, ini beberapa dampak positif dan negatif dari media sosial khususnya bagi pelajar. Dampak positif media sosial bagi pelajar :

  1. Wawasan dan pengetahuan jadi luas

Media sosial dapat membantu pelajar pada era digital seperti sekarang ini. Dengan adanya medsos, pelajar dapat dengan mudah berkomunikasi dengan orang lain, sehingga mereka mempunyai wawasan dan pengetahuan yang luas.

  • Punya banyak teman

Dengan media sosial tentu dapat memudahkan pelajar untuk bertemu dengan siapapun yang mereka inginkan tanpa harus bertemu langsung. Dari media sosial mereka dapat membuat suatu komunitas yang bermanfaat, baik komunitas diskusi maupun komunitas lainnya.

  • Dapat informasi yang bermanfaat

Adapun dampak positif media sosial bagi pelajar lainnya ialah pelajar dapat bertukar informasi dengan pelajar yang lain. Mereka akan mendapatkan informasi baru yang belum mereka dapatkan sebelumnya.

DAMPAK NEGATIF

Selain dampak positif media sosial yang beragam begitu juga dampak negatif media sosial bagi pelajar, berikut macam-macam dampak negatifnya :

  1. Tidak bisa mengatur waktu

Bagi pelajar yang tidak bisa membagi waktu bermain dengan kegiatan belajarnya, maka media sosial ini bisa menghambat aktivitas sehari-hari mereka.

  • Jadi malas belajar

Jika siswa atau pelajar terlalu fokus dengan media sosial, biasanya mereka akan lupa waktu belajar. Tentu hal ini berdampak buruk bagi pelajar, karena dapat mempengaruhi pengetahuan dan prestasi mereka.

  • Bisa membuat waktu beribadah diundur

Karena terlalu asik dengan media sosial, membuat pelajar lupa dengan waktu beribadah. Untuk menghindari hal-hal yang buruk, lebih baik mendahulukan waktu beribadah.

  • Menjadi jarang bersosialisasi

Sedang dampak negatif media sosial bagi pelajar yang terakhir ialah menjadikan siswa atau pelajar jarang bersosialisasi. Hal ini terjadi karena pelajar lebih memilih media sosial, sehingga bersosialisasi dengan teman sekitarnya jadi jarang. Jika anak sudah tergantung dengan media sosial, dan membuat siswa malas belajar, maka sebaiknya orangtua tegas dalam menyikapinya.

Meskipun manfaat media sosial untuk Pendidikan sangat luar biasa, tetapi Guru Pintar dan juga orang tua juga harus tetap waspada. Guru Pintar dan orang tua wajib mengajarkan pada siswa untuk bijaksana dalam menggunakan media sosial. Berikut ini tips memanfaatkan media sosial supaya tidak kebablasan.

  • Batasi waktu

Bersosial media memang mengasyikkan. Meskipun demikian, jangan biarkan siswa terlena dan menggunakan Sebagian besar waktunya untuk bermain-main saja. Ajarkan pada siswa untuk mengelola waktu dengan baik termasuk memberi batasan waktu ketika bersosial media.

  • Selektif

Sosial media memang dapat digunakan untuk menjadi media belajar yang ampuh dan disukai oleh siswa. Tetapi ada banyak hal yang dapat berakibat fatal jika tidak dipantau secara benar. Ajarkan pada siswa untuk selektif, baik itu selektif memilih teman, selektif membaca informasi, dan juga selektif dalam memilih komunitas yang akan diikuti. Pilihlah teman, informasi, dan juga komunitas yang benar-benar membawa manfaat.

  • Jadi Diri Sendiri

Ketika bersosial media, siswa akan bertemu dengan banyak orang dengan berbagai latar belakang dan beragam keunikan. Ajarkan siswa untuk menjadi diri sehingga tidak akan mudah dipengaruhi. Jika siswa memiliki prinsip dan karakter yang kuat, mereka akan berani berkata “tidak” jika menemukan pengaruh yang bertolak belakang dengan nilai/norma yang yakininya.

Sosial media memang seperti bermata dua. Ada sisi negatif yang harus diwaspadai, namun ada banyak sekali manfaat jika digunakan dengan hati-hati.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *